Kali ini saya akan memberikan beberapa informasi seputar masalah atau
gangguan yang sering terjadi pada speedy. Mungkin bagi anda yang sudah,
atau belum pernah mengalami hal tersebut, setidaknya dengan informasi
yang akan saya berikan dapat membantu anda mengetahui masalah yang
sedang terjadi pada koneksi speedy anda.
Sebelum anda menghubungi petugas atau pihak telkom yang bersangkutan.
Berikut hal-hal yang perlu anda ketahui untuk mengetahui masalah gangguan yang terjadi pada koneksi speedy anda.
1. Jika lampu indikator pada modem mati, seperti lampu indikator ADSL
mati, berarti gangguan tersebut berasal dari jaringan Telepon.
Ketika lampu indikator ADSL mati, pastikan anda cek telepon anda
terlebih dahulu.Jika telepon berfungsi / dapat digunakan, periksa kabel
yang terhubung pada modem.
2. Jika lampu indikator pada modem menyala semua tetapi redup, berarti
kemungkinan modem anda rusak. Untuk memastikannya. Anda bisa menggunakan
modem lain untuk mengecek masalah tersebut.
3. Jika modem anda modem wifi, tetapi wifi tersebut tidak terdeteksi di
laptop anda, anda cek terlebih dahulu lampu indikator pada modem. Jika
lampu indikator wifi mati, anda tekan tombol di blakang di samping
tombol reset.
4. Jika semua lampu indikator pada modem semua menyala, tetapi koneksi
internet anda lambat. biasanya gangguan tersebut dikarenakan kualitas
dari jaringan. Atau bisa juga karna rusak dan banyaknya sambungan.
Selanjutnya mengetahui gangguan speedy melalui pesan error yang muncul.
1. Jika Pesan Error 691
Jika anda menemukan tampilan pesan error 691 pada PC/Laptop anda.
sebaiknya anda cek kembali Username dan Password Speedy anda pada
settingan modem anda.
Untuk format pengisian username adalah nomor speedy@telkom.net. Untuk password speedy adalah password yang diberikan dari telkom.
2. Jika Pesan Error 678
Jika anda menemukan tampilan pesan error 678. Pastikan terlebih dahulu
modem anda menyala, termasuk semua lampu indikator. Kemudian anda
lakukan Ping 192.168.1.1 ke modem anda dengan menggunakan Command Prompt
Windows anda.
Untuk caranya, anda masuk start menu lalu anda cari cmd, kemudian anda
ping. Jika setelah di ping terdapat reply. Berarti modem anda masih
berfungsi.3. Jika Pesan Error 791
Jika anda menemukan tampilan error 791. Biasanya kondisi Local Area Connection ( LAN ) dalam keadaan Disable. Untuk memastikanya anda cek terlebih dahulu. Caranya anda masuk ke Control Panel kemudian anda pilih Network Connection, Selanjutnya anda klik kanan pada icon LAN tersebut. lalu pilih Enable.
4. Jika Pesan Error 681
Jika anda menemukan tampilan error 681. Gangguan terjadi karena line telepon dalam keadaan sibuk, Cobalah untuk koneksi beberapa kali, Jika masih tidak dapat terkoneksi. Matikan modem terlebih dahulu, kemudian anda nyalakan kembali.
Demikian beberapa informasi yang saya berikan, semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menemukan masalah yang terjadi pada speedy anda.
=> Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
=> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish